Lebih Baik Sholat Di Rumah Atau Di Masjid?

Jadwal-Sholat-Abadi

1. Laki-Laki Wajib Sholat Berjamaah Di Masjid

Tahukah Anda? Laki-laki muslim yang tidak memiliki udzur syar’i wajib melaksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah di Masjid? Hal ini berdasarkan dalil dari Al-Qur’an dan beberapa Hadist.

Dalam surah Al-Baqarah ayat 43, Allah SWT berfirman :
“Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah: 43)

Ayat tersebut menunjukkan perintah melaksanakan shalat bersama orang-orang yang melaksanakan shalat yaitu dengan berjama’ah di Masjid.

Selain ayat tersebut, ada beberapa Hadist yang berkaitan dengan wajibnya seorang laki-laki untuk sholat berjamaah di Masjid.

Hadist Yang Pertama,
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Telah datang kepada Rasulullah saw seorang lelaki buta, kemudian ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku tidak punya orang yang bisa menuntunku ke masjid, lalu dia mohon kepada Rasulullah saw agar diberi keringanan dan cukup shalat di rumahnya.’ Maka Rasulullah saw memberikan keringanan kepadanya. Ketika dia berpaling untuk pulang, beliau memanggilnya, seraya berkata, ‘Apakah engkau mendengar suara adzan (panggilan) shalat?’, ia menjawab, ‘Ya.’ Beliau bersabda, ‘Maka hendaklah kau penuhi (panggilan itu)’. (HR. Muslim)

Pada hadits tersebut, Rasulullah saw tetap memerintahkan seorang laki-laki yang buta yang tidak memiliki penuntun untuk tetap shalat berjama’ah di masjid. Maka bagaimana dengan kita yang masih bisa melihat dengan jelas? Tentu lebih diwajibkan lagi.

Hadist Yang Kedua,
“Aku pernah berniat memerintahkan shalat agar didirikan kemudian akan kuperintahkan salah seorang untuk mengimami shalat, lalu aku bersama beberapa orang sambil membawa beberapa ikat kayu bakar mendatangi orang-orang yang tidak hadir dalam shalat berjama’ah, dan aku akan bakar rumah-rumah mereka itu.” (Muttafaq ‘alaih)

Pada hadits di atas Rasulullah saw mengancam dengan tegas akan membakar rumah orang-orang yang tidak hadir shalat berjama’ah. Maka ancaman tegas dari Rasulullah saw tersebut menunjukkan wajibnya shalat berjama’ah di masjid bagi seorang laki-laki.

Hadist Yang Ketiga,
Dari Ibnu Abbas, bahwasanya Nabi shallallaahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mendengar panggilan adzan namun tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya, terkecuali karena udzur (yang dibenarkan dalam agama).” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan lainnya, hadits shahih)

Pada hadits tersebut Rasulullah saw mengatakan “tidak ada shalat baginya”, hal ini menunjukkan wajibnya memenuhi panggilan adzan bagi setiap laki-laki yang mendengarnya, yaitu dengan mendatangi masjid untuk shalat berjama’ah. See? Jangankan menunda sholat, tidak bersegera ke Masjid saat mendengar Adzan berkumandang saja sudah dianggap “tidak ada shalat baginya”. Tentunya hal ini jika kita tidak memiliki udzur syar’i, misalnya hanya karena nonton sinetron, main game, twitteran dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan perempuan?

2. Perempuan Lebih Baik Shalat Di Rumah

Di jaman Twitter seperti sekarang ini, sering kita membaca twit-twit yang mengajak untuk mendirikan sholat berjamaah di Masjid. Lalu, tidak jarang muncul pertanyaan, “Yang perempuan gimana? Baiknya ikut ke masjid juga atau di rumah aja?”

Seorang perempuan lebih baik sholat di rumahnya sendiri. Hal ini berdasarkan Hadist :
“Sebaik-baik tempat shalat bagi kaum wanita adalah bagian paling dalam (tersembunyi) dari rumahnya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi, hadits shahih)

Namun, jika seorang istri ingin ikut suaminya sholat ke Masjid, suami tidak boleh melarang. Dengan syarat, si istri wajib menutup aurat dan tidak memakai wangi-wangian serta memperhatikan adab-adab yang lain.

Rasulullah saw bersabda :
“Jangan kamu melarang istri-istrimu (shalat) di masjid, namun rumah mereka sebenarnya lebih baik untuk mereka.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Dan dalam Hadist yang lain dikatakan :
“Janganlah kalian melarang para wanita (pergi) ke masjid dan hendaklah mereka keluar dengan tidak memakai wangi-wangian.” (HR. Ahmad dan Abu Daud, hadits shahih)

Kira-kira sudah bisa menarik kesimpulan sendiri ya? Seorang perempuan lebih baik sholat di rumah. Kalaupun ingin ke masjid, ia harus menutup aurat dan menjaga diri agar tidak terjadi fitnah.


Total views : 3802 time(s)


Ingin berlangganan artikel islami? Klik di sini !

Article written by

One Response

  1. Eky Pradhana
    Eky Pradhana at | | Reply

    Assalamu’alaikum..
    Mas Hendra, sorry OOT sama topiknya. Penasaran aja saya sama masnya.
    Btw masih kerja di telkom sby? di bagian apa?
    saya dulu juga kerja di telkom, bagian data center di gubeng, tapi sering ke ketintang juga.
    Kalau ngga repot, mohon bales ke emailku ya mas, aku pengen nanti atau kapan gitu ketemuan sama masnya, coz aku masih sering ke telkom ketintang.
    Wassalamu’alaikum.

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

Current day month ye@r *