Tentang Penjaga Neraka

neraka

Mungkin beberapa dari kita pernah kecewa karena merasa hukuman yang tidak setimpal dalam timbangan hukum manusia, khususnya penerapan hukum untuk orang-orang kaya. Hukum di negri ini katanya sudah seperti mata pisau, tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Maksudnya, saat menghukum orang-orang yang di bawah sangat tajam dan kejam, tapi di saat menghukum orang-orang kalangan atas, kalangan berduit, hukum bisa dinego alias tumpul.

Kecewa? Yah, manusiawi. Tapi tenang, mereka yang kaya dan kebal hukum di dunia, tidak akan kebal terhadap hukum Allah. Suatu hari saya merenungi satu ayat di surah At-Tahrim yang memang sudah pernah beberapa kali dibahas juga oleh Ust Yusuf Mansur.

Surat At-Tahrim

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim : 6)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa penjaga neraka adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak akan pernah mendurhakai Allah dan akan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah. Dengan kata lain, malaikat-malaikat penjaga neraka tersebut tidak akan bisa dinego dan tidak akan bisa disogok dengan apapun. Jadi, meskipun kita adalah orang kaya dan mempunyai pengaruh besar di dunia, di akhirat semua itu tidak akan ada gunanya.

 

Di awal ayat tersebut, Allah SWT memberikan solusi agar kita tidak berurusan dengan malaikat penjaga neraka ini. Allah berfirman, “peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”

Cara terbaik untuk memelihara diri dan keluarga dari siksa neraka adalah dengan bertaqwa kepada Allah, yaitu dengan menjauhi laranganNya dan mengerjakan semua perintahNya.

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa dan tidak perlu berurusan dengan malaikat penjaga neraka. Aamiin.

 


Total views : 908 time(s)


Ingin berlangganan artikel islami? Klik di sini !

Article written by

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

Current day month ye@r *